MAIN MENU |
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PAK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI
Abstract
Model Pembelajaran Simulasi merupakan salah satu model yang baik diterapkan di sekolah agar dapat meningkatkan minat belajar siswa karena dengan adanya model simulasi dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam kelas. suatu simulasi dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk melatih kemampuan siswa dalam memperoleh satu tujuan yang maksimal. Dan disini siswa juga siswa diikutsertakan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menjadi tujuan yang penting dalam mengembangkan ketrampilan siswa. penerapan model simulasi dimana siswa aktif dan mampu menerapkan sesuai dengan kemampuanya demikain minat siswa semakin meningkat. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan metodologi yang baku, maka dapat hasil perhitungan korelasi antara kedua variabel adalah sebesar 0,869 atau 87% masuk pada kategori sangat kuat. Berdasarkan uji regresi antara dua variabel sebesar 0,756 atau 76% yang berarti bahwa model pembelajaran simulasi memberi kontribusi sebesar 76% terhadap minat belajar siswa pendididk agama kristen dan 24% merupakan pengaruh lain yang tidak dibahas dalam penelitian di SD Pelita Abadi Jakarta Barat.
Kata kunci: Model pembelajaran simulasi, Dalam meningkatkan Minat Belajar Siswa PAK
Full Text:
PDFReferences
Agung I. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: PT. Bestari Buana Murni 2004.
Ahmadi Abu, Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta 1997.
Al-Aturlaby Khansa Coretan Indonesiaku, Jakarta : Rumah Media 2018
Alpha Cronbach’s, Internal consistency, http://en. Wikipedia.orang/wiki/Cronbach’ alpha
Arifah ita Nur, Pandangan Menulis tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah untuk guru, Yokyakarta Aksara: 2017.
Aswan Zain Syaiful Bahri Djamarah, Startegi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.
Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta : Publisher 2009.
Djamarah Syaiful Bahri, Psikologi Belajar Jakarta :PT Rineka Cipta, 2015.
Djamarah Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta 2006
Djamarah, & Aswan Zain Syaiful Bahri, Startegi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.
Hamzah Uno, Model pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajara yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Harefa Fenieli, Bahan Ajar Mata Kuliah Statistika, Diktat,2012
Isjoni, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Gava Media Alfabota, 2013.
Joko Tri Pasetya Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pusta Setia 200.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
KBBI Online
Kekiay, penganatar sistem simulasi. Yogyakarta: Andi 2003.
Leater & Crow Alice Crow D, Pendidikan Yogyakarta :Nur Cahaya, 1989.
M Edang, Startegi pembelajaran, Yokyakarta: PT Rineka Cipta 2001.
Mudjino Dimyati Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Cipta, 2009.
Mulyono, Startegi Pembelajaran, (Malang : Uni-Maliki Press, 2011), Hal 98.
Nduru Sokhiziduhu Korelasi Faktor Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Peserta didik didikan Agama Kristen Jakarta : Covindo 2020.
Nursalam Efendi Ferry, pendidikan keperawatan. Jakarta: PT Elex Medika 2009.
Penulis Tim, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Hal 1428.
Raharjo Daryanto, Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Gava Media 2012.
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Beroreantasi Proses Pendididkan. Jakarta Prenadamedia Grup 2016.
Santoso Singgih, Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1986.
Simbolon Kerdid, Bahan Ajar Mata Kuliah Statistika, Diktat, 2012.
Slameto, Belajar dan Fakto-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta:Rineka Cipta, 1991.
Soenarto, Teknik sampling, Jakarta:Proyek pengembangan LPTK Ditjen Dikti Depdikbud, 1987.
Subagyo Andreas B, Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif, Hal. 224.
Sudjana Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2013.
Susanto Ahmad, Menejemen Peningkatan Guru, Bandung : 2013.
Syah Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarat : Raja Garafindo Persada, 2018.
Tersiana Andra, Metode Penelitian.Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia, 2020.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta :Kencana Prenada Media Grup, 2009.
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan dan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Udin Winataputra, Sterategi Belajar Mengajara, Jakarta: Univeristas Terbuka 2005.
Wawancara dengan Ibu Ronita Yana Sihotang, Selaku Guru Agama Kristen di Sekola SD Pelita Abadi Tanggal 10 September 2021 Pukul 12:30 Am.
Weil dan Joyce, Edisi Bahasa Indonesis, Yokyakarta: Pustaka Belajar 1980.
Zalukh Varik Anas, Pengaruh Model Pembelajaran Koomperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen. di SMPN 10 Jakarta Pusat, Skripsi. Fakultas Pendidikan Agama Kristen, STT HAMI.
DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v7i2.125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.