MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI

Junior Natan Silalahi, Sri Jenni Auralia

Abstract


Abstrak

 

Model pembelajaran montessori mengajarkan anak untuk berkembang secara mandiri dalam meningkatkan pola pikir yang ia miliki, dengan adanya kemandirian pada anak maka ia dapat melakukan apa saja yang ia inginkan dalam menyikapi suatu pembelajaran yang guru berikan. Dalam hal ini, guru PAK hanya mengawasi atau sebagai motivator dilakukan anak tersebut. Seorang guru yang kreatif mampu menguasai kelas dengan baik dengan menerapkan ide-ide yang ia miliki supaya suana kelas dapat nyaman. Dengan demikian semua anak dapat memusatkan perhatian mereka dengan pembelajaran yang guru sampaikan berkembang secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan korelasional regresional yang bertujuan untuk apakah ada pengaruh antara dua variabel. Penelitian ini dilakukan di SD 3 Kwitang PSKD Jakarta Timur. Penulis memperoleh data penunjang dengan melakukan penyebaran angket tentang kedua variabel tersebut dengan mengunakan  SPSS 26.00. Dalam mengujian ini, penulis memperoleh hasil penelitian dengan Korelasi sebesar 0,439 dan masuk pada kategori Rendah Berdasarkan pada uji Regreesi didapat hasil Regresi anatara kedua variabel sebesar 0,017 atau 2% yang berarti bahwa pengaruh model pembelajaran Montessori memberi kontribusi sebesar 2% dalam meningkatkan perhatian siswa di SD 3 Kwitang PSKD Jakarta Timur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Montessori dalam meningkatkan perhatian siswa  Di SD 3 Kwitang PSKD Jakarta Timur sangat rendah.

 

Kata kunci: Montessori, Perhatian siswa, SD 3 Kwitang PSKD


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Daryanto, Belajar Dan Mengajar, (Bandung : Yrama Widya, 2010 ).

Davies Simone, The montessori toddler, (Mizani media utama, 2019.bandung)

Diana, model-model pembelajaran anak usia dini, ( jakarta PT deepblis, cet 1, 2019 )

Dimyati & Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2002.)

Faneey, Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta : Puskur,2007),

Faorta Telaumbanua, Pengelolahan data penelitian, perbandingan dan hubungan, (Jakarta : FKIP UKI,2006)

Hasanah Aan, Pengembangan Profesi Guru, ( Bandung :CV Pustaka Setia, 2012

Hermino, Agustinus, “ Guru Dalam Tantangan Globalisasi” (Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 2018)

Lazuardi, Metode Montessor, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2013)

lirlard Paula Polk, Montessori Seni Menggali Potensi Anak Sejak Dini, ( yogyakarta, PT Bentang Pustaka, cek. 1, 2021)

Majid, Abdul, Implementasi Kurikulum 2013, (Intere media, 2014 cet. pertama,)

Modul sekolah SD 3 Kwitang PSKD

Montessori Maria, ,Metode Montessori. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)

Mulyasa E., menjadi guru profesional, ( PT Rosda, bandung, 2013)

Mulyasa, Strategi pembelajaran anak usia dini, ( PT Rosda, Cet 1, Bandung, 2017)

Nawari, Analisa Regresi dengan Excel dan SPss, ( Jakarta, Elex Media kompotindo, 2010),

Nazir Mohammad, Metode Penelitian ( Jakarta, Ghalia Indonesia, 1988,)

ndruru Sokhiziduhu , “ korelasi faktor lingkungan Sekolah Dan Minat Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Kristen, ( jakarta : yayasan Covindo, 2020)

no 3

Novimulyani M.Pd, Pengembangan kreativitas anak usia dini ( Pt. Rosda, 2019, cek 1),

Polk Paula , Pemgantar klasik mentossori untuk guru dan anak, ( penerbit bentantang, 2021, bandung)

Rusman, Model-Model Pembelajaran, ( Jakarta : PT Rajagrafindo, 2014)

sanjaya Wina, strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Propses Pendidikan ( Jakarta : prenada media group, 2006 )

setyani Mutia Rama “Analisis Tingkat Kosentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran” Jurnal kosentrasi belajar siswa, vol 1 Oktober 2018

Sinar, metode Active Learning, ( yogyakarta, Cv budi Utama,cek.1, 2018)

Singgih santoso, mengunakan SPSS untuk Statistik Parametrik, ( Jkarta : Elex Media komputindo,2006)

Sobur Alex, Psikologi Umum Psikologi Umum: Dalam Lintas Sejarah, (Bandung: Cv Pustaka Setia, 2003),

Soenarto, Teknik Sampling, ( Jakarta : Proyek Pengembangan LPTK ditjen Dikti Depdikbut, 1987)

Sugiono, Statistika Untuk Penelitian, ( Bandung, Alfabeta, 1999)

Surya Mohamad, Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi, ( Bandung : Alfabeda, 2013).

Suryabrata Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers, 2010 )

Tim Penulis, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ( Jakarta, PT Gramdia Pustaka Umum, 2006)

Tim penulis, Kamus Besar Bahasa Indonesia.(PT Gramedia Pustaka Umum,2006)

Uaman Moh. Uzer, “ Menjadi Guru Profesional” ( PT. Remaja Rosdakarya,: Bandung 2016)

Usman Moh.Uzer., Menjadi Guru Profesional, (Badung:PT.Remaja Rosdakarya,2011).

Wawancara SD 3 Kwitang PSKD Jakarta

Yus, Anita Model Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2012

Sumber Tambahan

Cronbach’s Alpha, Internasional Consistency,

http://en.wikipedia.org/wiki/cronbach’s alpha

Gazali “Hubungang Perhatian Siswa Dengan Proses Belajar Mengajar Siswa” Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 3 bandar lampung 2016

hanifah Hani Prilaku Dan Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran,(Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, Volume 2,Nomor 1,Februari 2020; 105-117) https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim

Lubis Fauzi Rahmad,”Analisis Metode Mentossori Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan”Jurnal ilmiah pendidikan ,vol.1. (10 )(2018)




DOI: https://doi.org/10.59830/voh.v7i2.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot thailand