PERAN PUSAT PENGEMBANGAN ANAK (PPA) ID0807 EFATA GANDANGBATU DALAM MENANAMKAN NILAI KRISTIANI PADA ANAK KELAS 3 SD INPRES NO. 142 GANDANGBATU
Abstract
The purpose of this study is to describe the role of the Child Development Center (PPA) ID0807 Efata Gandangbatu in instilling Christian values. PPA is a forum to improve the development of children from partner churches. PPA has the goal of freeing children from poverty in the name of Jesus and developing children holistically, namely spiritual development, physical development, socio-emotional development and cognitive development so that they can develop their potential to benefit others, the environment, family, nation and state. This study uses descriptive qualitative methods with data collection techniques through library research, observation and interviews, and shows that PPA ID0807 Efata Gandangbatu has instilled Christian values to the fullest. This can be seen from the learning method which is divided into four stages, namely opening activities, guided activities, responses and applications, and closing activities. In addition, the success of PPA ID0807 Efata Gandangbatu can also be seen from the results of reports that are routinely made, where children continue to experience spiritual development.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) ID0807 Efata Gandangbatu dalam menamkan nilai-nilai kristiani. PPA adalah sebuah wadah untuk meningkatkan pengembangan anak-anak yang berasal dari gereja mitra. PPA memiliki tujuan yaitu membebaskan anak-anak dari kemiskinan dalam nama Yesus dan mengembangkan anak secara holistik yaitu pengembangan spiritual, pengembangan fisik, pengembangan sosio emosi dan pengembangan kognitif sehingga dapat mengembangkan potensinya agar bermanfaat bagi sesama, lingkungan, keluarga , bangsa dan Negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustaakaan, observasi dan wawancara, dan menunjukkan bahwa PPA ID0807 Efata Gandangbatu sudah menanamkan nilai kristiani secara maksimal. Hal itu terlihat dari metode pembelajaran yang terbagi dalam empat tahap, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan terpimpin, tanggapan dan aplikasi, serta kegiatan penutup. Selain itu keberhasilan PPA ID0807 Efata Gandangbatu juga terlihat dari hasil laporan yang rutin dibuat, dimana anak terus mengalami perkembangan spritualitas.
Full Text:
PDFReferences
Adi, R. Metodologi Penelitian Sosial Dan Hukum. Jakarta: Grainat, 2004.
Admarialce, Novantri. “Wawancara Dengan Koordinator Tutor Mentor PPA Di Gandangbatu.” Gandangbatu, 2022.
Alferdi. “Tradisi Mupupantunu Dan Korban Penebus Salah Dalam Kitab Imamat.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika Vol. 2, no. 2 (2021): 283–293.
Banduru, Eli Depe. “Wawancara Staf Perlindungan Anak Di Kantor PPA.” Gandangbatu, 2022.
———. “Wawancara Staf Perlindungan Anak Di Kantor PPA ID0807 Efata Gandangbatu.” Gandangbatu, 2022.
Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
E. Slavin, Robert. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik,. London: Nusa Media, 2005.
Edison, Thomas. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani. Jakarta: Kalam Hidup, 2007.
Enklaar, E.G Homrighausen and I.H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 2, no. 1 (2014): 62–69.
Hermawan, Yusak B. Beritakanlah Firman Tuhan. Yogyakarta: ANDI, 2010.
Indonesia, Compassion. Buku Panduan Kemitraan Versi 2.0. Jakarta: Compassion Indonesia, 2017.
Koesoema, Doni. Strategi Pendidikan Karakter: Revolusi Mental Dalam Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 2019.
Lickona, Thomas. Educating For Character. Bandung: Bumi Aksara, 2013.
Masinambow, Yornan, and Yosef Nasrani. “Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Spritualitas Generasi Milenial.” PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Vol. 17, no. 1 (2021): 1–32.
Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media, 2007.
Pasmino, Robert W. Pondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Richard, Foster. Tertib Rohani. Malang: Gandum Mas, 2002.
Sairin, Weinata. Identitas Dan Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia Antara Konseptual Dan Operasional. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2014.
Simanjuntak, Junihoot. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.